Membedakan Berita hoax dan Bukan

Akhir akhir ini sangat banyak sekali orang membicarakan berita berita yang pesat peredarannya di dunia sosmed. Paling banyak sekali peredarannya ada di sosmed facebook dan twitter.
Kenapa Facebook dan twitter?
Karena rata rata orang Indonesia sangat akrab sekali oleh kedua sosmed ini, dimana kedua aplikasi sosmed ini sangat gampang di akses di Indonesia, memang kedua sosmed ini sangat friendly sekali penampilannya, dan bahkan tak sedikit provider provider internet yang beredar di Indonesia memberikan akses gratis untuk mengakses kedua sosmed ini untuk sebagai media promosi marketing para pelaku bisnis penyedia atau provider yang menjual data internet.

Hoax atau bukan

Dengan banyaknya beredar situs situs baru yang menyediakan segudang informasi informasi terkini, kita sebagai pengguna , pembaca bahkan penikmat berita berita yang beredar di internet kita harus bisa pintar pintar untuk memilih berita berita yang bisa kita baca agar kita tidak tertipu oleh penyedia atau penerbit berita HOAX atau berita bohong yang tak bisa di bertanggung jawabkan kebenaran isi berita tersebut.
Untuk menghindari hal hal tersebut saya akan memberikan sedikit tips untuk mengetahui b sebuah berita tersebut hoax atau bukan.

1. Budayakan membaca
Budayakan membaca isi dari sebuah berita yang kamu temukan di internet atau sosmed yang kamu temukan. Karena sebuah berita pasti akan membuat judul yang sebegitu unik untuk menarik pembaca untuk melakukan kunjungan, membaca like atau share. Mengapa? Karena situs situs berita sekarang banyak sekali di produksi tanpa memperdulikan pengaruh kualitas situs tersebut. Banyak situs yang memberikan judul yang sangat menarik tapi isinya cuma kosong.

2. Cari di google atau mesin pencari lainnya
Cari atau ketikan judul atau maksud berita yang sudah anda baca di google, kenapa? Biasanya sebuah berita yang menarik akan cepat di publish atau di tulis oleh media media online besar yang ada sekarang ini. Bila memang berita benar sudah tentu akan banyak hasil pencariannya di google.

3. Cari atau lihat Televisi
Sebuah berita menarik dan benar tentunya akan di ulas pada siaran berita di tv. Karena sebuah stasiun televisi tidak mau ketinggalan untuk menyiarkan sebuah berita mungkin yang lagi heboh di sosmed pada saat itu. Dan tentunya sebuah stasiun Televisi tidak main main untuk menyiarkan sebuah berita bohong. Karena sebuah stasiun televisi harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap sebuah siaran. Karena sebuah stasiun Televisi sudah jelas Legalitasnya, tidak seperti media online yang sangat banyak sekali yang abal abal atau hoax karena saat ini belum jelas atau ketat undang undang khusus untuk situs situs media online. Siapapun bisa membuat sebuah karangan berita dan di sebarkan.

4. Kenali profil sosmed
Dalam membaca sebuah berita di sosmed sudah tentunya anda temukan dari orang orang atau group yang menyebarkan atau share berita tersebut. Untuk antisipasi kebenaran berita atau hoax ada baiknya anda sudah lebih mengenal siapa penyebarnya, karena pada saat ini banyak sekali akun akun sosmed kloningan atau akun palsu satu dua bahkan bisa puluhan akun sosmed karena memang mudah untuk membuatnya yang bertujuan untuk menyebarkan sebuah berita.

Mungkin itu sedikit tips kami berikan untuk mencari kebenaran berita hoax atau bukan dan semoga bisa sedikit bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
January 9, 2017 at 10:39 AM ×

Entah sudah berapa kali kena berita hoax. Untungnya gak langsung klik sebarkan. Tp kesel juga udah terlanjur klik ternyata berita hoax cuma mereka mau meningkatkan visitor aja. Ujung2nya biar dapet duit...hadeh

Selamat chiho yuki dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin


☺Terimakasih ... telah berkomentar yang bijak

☺Pesan dan saran anda membangun kami




Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment
Powered by Blogger.

Blogger news

Informasi Tagihan Listrik